Tempatnya software/aplikasi full unlimited komputer

Banner Iklan Sariksa

Info Terkini

Post Top Ad

Your Ad Spot

Selasa, 26 Juni 2012

Program Anates Versi 4


Anates Versi 4 adalah perangkat lunak yang  khusus dikembangkan untuk menganalis tes pilihan ganda dan uraian .  Anates dirancang agar mudah dipelajari dan mudah digunakan.  Dengan menggunakan Anates, proses analisis tes akan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat.


Anates memiliki kemampuan sebagai berikut:
  1. Menghitung skor (asli maupun dibobot)
  2. Menghitung reliabilitas tes.
  3. Mengelompokkan subyek ke dalam kelompok unggul/asor.
  4. Menghitung daya pembeda.
  5. Menghitung tingkat kesukaran.
  6. Menghitung korelasi skor butir dengan skor total.
  7. Menentukan kualitas pengecoh.

 Memulai Anates
  1. Setelah Anates selesai di-install, Anda dapat memulainya dengan meng-click gambar Anates.
  2. Bila memilih Analisis Tes Pilihan Ganda. Menu yang berwarna abu-abu artinya ‘baru bisa dipilih’ setelah ada proses lainnya (berwarna hitam).
    Edit Data Mentah
Data mentah adalah jawaban subyek (peserta tes) beserta kuncinya. Untuk memulai pengisian data mentah, pilihlah menu “Buat File Baru”, 

Isikan jumlah subyek, lalu tekan enter. Selanjutnya isikan jumlah butir soal dan jumlah pilihan jawaban dengan cara yang sama. Setelah anda yakin, tekan OK untuk memulai pengisian sehingga akan keluar layar untuk mengisi data mentah .

Catatan : Gunakan enter untuk ke kolom berikutnya !

Langkah pertama:  isi kunci jawaban dari tes yang mau dianalisis (baris paling atas berwarna biru). Kolom satu untuk butir satu dan seterusnya. Kemudian Anda bisa memulai mengisi jawaban siswa. Untuk contoh analisis yang sudah jadi silahkan buka saja pada file yang telah anda download.
Menu “Buat File Baru”, “Simpan”, dan “Baca File”  berfungsi sama seperti yang terdapat di menu utama. Gunakan menu “Cetak” untuk mencetak data mentah.

Mengolah Data
Untuk mengolah data mentah ini, tekan tombol “kembali ke menu utama” maka Anda akan kembali ke menu utama (Tekan  tombol “Edit Data Mentah” untuk kembali ke pengisian data mentah).  Jika Anda perhatikan, tombol “Penyekoran Data”,  “Skor Dibobot”, “Olah Semua Otomatis” sekarang sudah bisa dipilih.
Untuk mencetak ke printer,  tekan tombol  “Cetak ke Printer”, dan untuk mencetak ke fileteks, tekan tombol “Cetak ke File”. File teks ini dapat dibuka di MS Word untuk diolah lebih lanjut.

Cara pengolahan yang lain adalah melalui  menu “Penyekoran” atau “Penyekoran dengan Bobot” .Modul penyekoran berfungsi menghitung jumlah jawaban benar dan salah. Saat Anda memasuki modul ini, Anates secara otomatis melakukan penyekoran.


INFO ANATES VERSI 4.0.9
Pengembang: Drs. Karno To, M.Pd
Programmer: Yudi Wibisono, ST
Size: 2.87 MB
Platform: Windows
License: Freeware








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Untuk yang biasa pesan via Email dan belum sempat ada balasan agar bersabar. Karena banyaknya pesan yang masuk. Namun jika ingin cepat terbalas langsung SMS/WA ke 085394726089

Post Top Ad

Your Ad Spot